Tempat Wisata Paling Hits di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Paling Hits di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Paling Hits di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi

Wisata Gunung Kidul mungkin beberapa tahun silam dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Atau mungkin juga masih belum banyak yang mengetahui tentang potensi kawasan wisata yang ajaib di kota ini.

Berbeda dengan Jogja yang lebih menonjolkan pariwisata di sektor sejarah dan budaya, Gunung Kidul memiliki daya tarik andalan berupa wisata alam, yang paling utama adalah wisata pantai.

Tempat ini dikenal sebagai daerah yang terpencil, tetapi dibalik semua itu ada sejuta pesona yang akan membuat setiap orang jatuh cinta. Ya, pesona alam di Gunung Kidul telah sukses menghipnotis setiap orang untuk jatuh cinta kepadanya.

Tempat Wisata Paling hits di Gunung Kidul

Setidaknya ada beberapa lokasi wisata yang kerap dikunjungi para wisatawan  di Gunung Kidul, antara lain sebagai berikut :

  1. Pantai Baron

Bila anda pecinta sajian kuliner olahan laut yang lengkap, berkunjunglah ke pantai yang satu ini. Pantai Baron adalah salah satu lokasi yang menjadi sentra aktifitas para nelayan di kawasan Gunung Kidul. Di pantai ini ada lokasi pelelangan ikan dan juga berbagai wahana sebagai penunjang kegiatan wisata. Yang unik dari pantai ini yaitu adanya sungai bawah tanah yang muaranya di pantai. Menariknya, sungai ini rasanya tawar walaupun lokasinya ada di dekat laut. Di muara sungai inilah anda dapat berenang dan bermain sepuasnya.

  1. Goa Pindul

Goa Pindul adalah salah satu lokasi wisata yang baru-baru ini menjadi sangat populer di Gunung Kidul. Dahulu, lokasi ini di kalangan wisatawan masih dianggap sebelah mata. Disamping lokasinya yang konon katanya mempunyai banyak aura mistis, adanya goa ini juga tak terlalu diketahui banyak orang. Namun, saat ini ketika anda akan menjelajahi pantai-pantai di Gunung Kidul, maka akan sangat mudah menjumpai jasa guide di tepian jalan yang menawarkan diri sebagai pemandu wisata menuju Goa Pindul

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk adalah sebuah wisata air terjun yang sangat menarik dan indah di kawasan Gunung Kidul. Airnya yang jatuh dari ketinggian mengalir lewat batu-batu lalu bermuara di Sungai Oya. Nah, di Sungai Oya ini banyak wisatawan yang bersenang-senang mandi untuk menikmati airnya yang segar. Lokasi wisata ini awal terkenalnya sekitar tahun 2010. Bila anda menyaksikan langsung nuansa di sini, rasanya memang tak tahan untuk segera melepas pakaian dan mandi di sungai yang masih alami ini.

  1. Gunung Nglanggeran

Bila anda seorang penjelajah alam yang suka camping, tempat ini sangat cocok untuk melewatkan malam minggu bersama teman-teman terdekat di Gunung Nglanggeran. Mendakinya pun tidak memerlukan skill yang tinggi, karena ketinggiannya hanya 900 mdpl. Tidak akan sampai satu jam anda akan sampai di puncak. Terdapat beberapa puncak di Gunung ini yang dapat anda jadikan sebagai background untuk berselfie ria. Di bagian bawah terdapat area camping ground yang bisa menampung puluhan tenda. Udara di gunung ini juga tak terlalu dingin, tetapi anda tetap harus membawa baju hangat sebagai antisipasi. Di atas puncak Gunung ini anda dapat menikmati pemandangan kawasan wisata Embung Nglanggeran yang sudah  mulai populer juga di Gunung Kidul.

  1. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan sama dengan pantai-pantai lainnya di kawasan Gunung Kidul. Pantai ini mempunyai ombak yang cukup tenang, sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling. Ketika air laut surut, pantai ini akan menyajikan pemandangan yang indah yaitu hamparan karang yang bentuknya seperti lantai alami. Bila anda ingin snorkeling tetapi lupa membawa alatnya, tidak perlu khawatir karena di tempat ini telah banyak tersedia jasa penyewaan snorkeling yang harganya sangat terjangkau.

Demikianlah beberapa tempat Wisata Gunung Kidul yang sangat menakjubkan untuk dikunjungi. Semoga bisa menjadi referenai untuk anda yang akan berlibur ke kawasan ini dalam waktu dekat. Selamat berwisata.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *