Tempat Wisata di Bengkulu Paling Hits dan Terkenal

Tempat wisata di Bengkulu bisa anda jumpai dalam beberapa pesona alam dan peninggalan sejarah yang menarik untuk dieksplorasi. Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang berada di sisi barat Pulau Sumatra serta menghadap langsung ke Samudera Indonesia.

Bunga Rafflesia Arnoldi yang populer itu bisa Anda jumpai di Kota Curup, salah satu lokasi wisata di Bengkulu yang sangat terkenal. Bunga ini merupakan bunga paling besar di dunia memiliki diameter 100 cm, dan yang menarik dari bunga ini yaitu tidak mempunyai daun, batang dan akar.

Tempat Wisata di Bengkulu Paling Hits dan Terkenal
Tempat Wisata di Bengkulu Paling Hits dan Terkenal

Tempat Wisata di Bengkulu

Dirangkum dari beberapa sumber terpercaya, berikut ini ada beberapa lokasi wisata di Bengkulu yang sangat indah dan mempesona, antara lain sebagai berikut :

  1. Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini berlokasi di Kota Curup, Bengkulu Utara, tak jauh dari pusat Kota Bengkulu yang jaraknya sekitar 6 km. Danau yang dikelilingi oleh perbukitan hijau ini adalah kawasan cagar alam yang didalamnya tersimpan keseimbangan ekosistem dan potensi ekologi. Menaiki rakit atau berperahu mengelilingi danau merupakan salah satu aktifitas menarik yang bisa anda lakukan disini. Bila Anda mempunyai hobi memancing, lokasi ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

  1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Bung Karno berada rumah ini dari tahun 1938 hingga 1942, di daerah ini juga Sang Proklamator berkenalan dengan Fatmawati, wanita asli Bengkulu, yang selanjutnya menjadi istrinya dan sekaligus yang menjahit Sang Saka Merah Putih ketika Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Di tempat ini terdapat berbagai koleksi benda peninggalan Bung Karno yang mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi. Terdapat koleksi buku, sepeda ontel, hingga surat cinta Bung Karno ke Ibu Fatmawati. Rumah ini sebelumnya adalah kepunyaan pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian yang pekerjaannya sebagai penyumplai sembako bagi Pemerintah Belanda. Kemudian, Belanda menyewanya sebagai tempat Bung Karno selama dalam pengasingan di Bengkulu. Untuk bisa masuk ketempat ini anda harus merogoh kocek sebesar Rp 2.500 per orang.

  1. Pantai Panjang

Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki panjang cukup jauh yaitu 7 km, inilah yang membuatnya unik dan menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata. Pantai Panjang berada di kawasan strategis, yaitu kawasan yang mempunyai fasilitas publik dan akomodasi yang komplit. Dari pusat kota Bengkulu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk tiba di Pantai ini. Fasilitas yang tersedia disini terbilang cukup lengkap mulai dari restoran, penginapan, cafe, pusat belanja, arena bermain anak, sampai fasilitas olah raga. Oleh karena itu, tidak heran bila pantai ini merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain pohon pinus dan cemara yang berjajar di sepanjang pantai, tempat ini juga mempunyai pasir yang halus dan putih sehingga tidak akan mengotori kaki bila berjalan diatasnya.

  1. Pantai Tapak Paderi

Pantai ini pada awalnya merupakan sebuah pusat pelabuhan laut pertama kali di Bengkulu, dan menjadi sarana pendukung transporasi laut pemerintahan Inggris di Bengkulu pada zaman itu, lokasinya hanya berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough. Menikmati sunset yang sangat indah merupakan pesona yang bisa Anda jumpai di tempat ini. Di bagian atas Tapak Paderi, Anda bisa melihat dan menikmati indahnya laut Bengkulu. Jalan-jalan di area pantai atau sekedar menikmati jagung bakar merupakan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan disini.

  1. Benteng Marlborough

Benteng ini merupakan pertahanan pasukan Inggris di daerah pantai barat Sumatera dan sekaligus untuk menguasai Bengkulu sebagai tempat memonopoli lada dan perdagangan. Benteng Marlborough didirikan oleh East India Company pada tahun 1713-1719 saat dipimpin oleh Gubernur Joseph Callet. Benteng ini adalah salah satu benteng terkuat kedua yang dimiliki Inggris di didaerah  sesudah benteng St. George di Madras, India.Tempat ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi, dimana anda bisa menyaksikan sebuah benteng yang sangat kokoh berdiri di area seluas 44.100 m persegi yang panjangnya 240,5 m dan lebarnya 170,5 m. Desain dari Benteng Marlborough ini menyerupai kura-kura, dan ada sebuah jembatan yang menghubungkan antara bagian kepala dan badannya.

Demikianlah uraian singkat seputar tempat wisata di Bengkulu yang bisa anda eksplorasi keindahannnya. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang berencana mengunjungi kota ini, selamat liburan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *