Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi
Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Dieng yang masuk kedalam wilayah Jawa Tengah ini banyak menyajikan pesona alam yang menarik dan indah. Di tempat wisata  ini anda bisa menikmati berbagai macam fenomena alam yang sangat menakjubkan.

Nah, kali ini kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi tempat wisata di Dieng yang wajib dikunjungi bila berlibur di kawasan Jawa Tengah, antara lain sebagai berikut.

Tempat wisata di Dieng Jawa Tengah

Baturraden

Kawasan wisata Baturraden merupakan salah satu tempat wisata yang populer karena keindahan alam dan udaranya yang sangat sejuk. Ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi di Baturraden, seperti Pancuran Telu, dan Pancuran Pitu  yaitu tempat pemandian air panas, Wana Wisata sebagai tempat perkemahan, Taman Kaloka Widya Mandala yaitu sebuah kebun binatang Baturraden, dan juga terdapat museum yang memiliki koleksi berbagai kerangka hewan khas nusantara. Baturraden lokasinya persis berada di lereng Gunung Slamet, jadi tidak heran bila tempat ini mempunyai udara yang sejuk dan segar. Ditempat ini juga tersedia wisata kuliner yang khas yaitu sate kelinci dan lontong yang dibalut daun pisang.

Telaga Merdada

Telaga ini adalah salah satu telaga yang paling luas di Dieng dan bertempat di Ds. Karangtengah, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara. Jika dilihat dari atas, tempat ini akan nampak seperti kaldera bekas letusan gunung berapi yang berisi air. Berbeda dengan telaga pada umumnya, telaga ini tidak mempunyai sumber mata air. Namun, walaupun tidak mempunyai sumber air, tidak berarti anda dapat menyeberangi telaga ini seenaknya. Hal ini karena telaga ini mempunyai kandungan lumpur yang lembut, sehingga saat diinjak anda akan terjerembab ke dasar lumpur. Dengan demikian, resiko tenggelam bisa saja terjadi pada orang yang menyeberangi telaga ini.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon tempatnya tidak jauh dengan Telaga Warna. Namun, kedua telaga ini memiliki karakter yang berbeda. Telaga Pengilon mempunyai air yang jernih, bening, tidak berwarna seperti Telaga Warna. Para pecinta fotografi sangat senang mengunjungi kedua telaga ini untuk mengabadikan pemandangan menarik yang berlatar bukit hijau yang asri dan telaga cantik. Bila dilihat dari namanya, Telaga Pengilon berasal dari bahasa Jawa, yang artinya telaga yang dapat dipakai untuk berkaca. Hal ini menggambarkan betapa jernihnya air telaga ini sehingga bisa untuk berkaca.

Bukit Sikunir Dieng

Objek wisata ini bertempat di Desa Sembungan. Dari Bukit Sikunir ini anda bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat indah. Waktu paling baik untuk melihat keindahan matahari terbit yaitu saat musim kemarau, karena langitnya akan nampak bersih dan pemandangan sunrise-nya juga akan nampak lebih menawan. Waktu kemarau ini biasanya terjadi di bulan Juli – Agustus. Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan tersebut, anda harus berada di Bukit Sikunir Dieng saat pagi hari. jadi anda bisa mencari lokasi penginapan yang tersedia di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Telaga Warna

Lokasi wisata yang satu ini memang sangat unik, air telaganya dapat berubah warna bila terkena sinar matahari. Warnanya pun berbeda-beda antara lain warna biru, hijau, putih, lembayung dan, merah. Tempat yang berada pada ketinggian 2.000 mdpl ini mempunyai kadar sulfur yang cukup tinggi, sehingga warna airnya bisa berganti-ganti. Telaga Warna adalah salah satu objek wisata andalan Kabupaten Wonosobo, tepatnya berada di dataran tinggi dieng. Karena pesonanya yang memukau, telaga ini menjadi destinasi utama para wisatawan lokal dan mancanegara untuk mengisi liburan.

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin adalah sebuah tebing yang lokasinya tidak berjauhan dengan kawasan wisata Telaga Warna. Dari tempat ini, anda bisa menikmati pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Lokasi wisata yang satu ini cocok untuk anda pecinta petualangan alam, karena untuk sampai di tempat ini anda harus mendaki bukit yang cukup menguras tenaga. Jangan sampai lupa untuk berkunjung kesini yah.

Demikianlah ulasan singkat keindahan tempat wisata di Dieng yang wajib anda kunjungi untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta. Semoga bermanfaat.!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *