Liburan Seru di Wisata Alam Kalibiru yang Menakjubkan

Wisata alam Kalibiru – Ada banyak sekali lokasi wisata di kawasan Jogja yang bisa dikunjungi saat liburan tiba, salah satunya yang sedang naik daun sekarang ini yaitu kawasan wisata kalibiru Kulon Progo.

Liburan Seru di Wisata Alam Kalibiru yang Menakjubkan
Liburan Seru di Wisata Alam Kalibiru yang Menakjubkan

Selama ini wisata Kulon Progo memang tidak terlalu populer, namun berkat seorang artis memposting fotonya ketika liburan di kalibiru Jogja, kini tempat wisata Kalibiru Kulon Progo menjadi salah satu tujuan wisata Jogja yang wajib disinggahi.

Kali ini kami akan mengajak anda untuk berlibur di kawasan wisata alam Kalibiru Jogja yang tak boleh terlewatkan.

Desa dan Hutan Wisata Kalibiru

Hutan Kalibiru berada di kawasan Perbukitan Menoreh. Karena berada di lokasi perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 450 Mdpl  menjadikan tempat ini mempunyai udara yang sejuk, dan masih segar karena belum dicemari oleh polusi udara.

Hutan kepunyaan pemerintah ini kini di kelolah oleh warga setempat dan dijadikan sebagai tempat wisata edukasi, dan wisata alam. Untuk anda yang ingin menikmati indahnya wisata alam Kalianget Kulon Progo sebaiknya siapkanlah kondisi fisik terlebih dahulu. Karena tak lengkap rasanya bila ke kawasan ini anda tidak mencicipi jalur trekking.

Objek Wisata Alam Kalibiru

Tempat wisata alam Kalibiru berada di Ds. Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulonprogo. Dari kota Jogja kawasan  wisata ini hanya berjarak 40 km, tidak jauh dari tempat wisata Waduk Sermo. Karena trekk jalan yang akan di tempuh menanjak ada baiknya anda memakai kendaraan yang fit dan ber-cc besar.

Jalur Menuju Wisata Alam Kalibiru

Untuk sampai ke lokasi wisata Kalibiru, anda harus menempuh jarak  sekitar 45 km dari kota Jogja dengan memakan waktu antara 1-1,5 jam perjalanan. Berikut ini ada beberapa jalur  yang dapat anda lewati untuk sampai di Kalibiru Kulon Progo :

Jalur Sermo

Rute yang satu ini merupakan jalur favorit yang kerap dilalui oleh para pengunjung, yaitu jalur Sermo. Jalur ini disukai karena para wisatawan bisa menikmati pemandangan Bendungan Sermo yang menyajikan pesona alam yang eksotis. Jalur sermo bila berasal dari Jogja lebih cepat ditempuh melewati Sentolo – Pengasih – Alun Alun Wates –  Rumah Sakit Umum Daerah Wates – Beji – Sermo – Kalibiru.

 Jalur Clereng

Jalur berikutnya yaitu rute Clereng, rute ini lebih enak dilalui dan juga lebih cepat karena kondisi jalan yang akan dilewati tak seberat jalur Sermo. Untuk yang berasal dari kota Jogja, mengambil jalur ke Sentolo – Pengasih, setibanya di perempatan ambil arah ke kanan menuju Clereng – Kalibiru. Perhatikan jangan sampai terlewat, setibanya di pasar Clereng sekitar 300 meter ada sebuah jembatan yang letaknya persis di tikungan. Setelah melewati jembatan sejauh 20 meter ada petunjuk jalan yang memberi instruksi untuk berbelok arah ke kiri menuju Kalibiru.

Jalur Malioboro

Untuk anda yang akan berwisata ke kalibiru bisa melewati Malioboro, kemudian mengambil jalur ke arah purworejo, dan ikuti jalannya hingga sampai di terminal Wates. Setibanya di terminal, lihatlah plang penunjuk jalan arah ke waduk Sermo. Lalu ikutilah seperti jalur di atas.

Harga Tiket Masuk di Kalibiru

Agar bisa menikmati wahana dan fasilitas yang ada di hutan Kalibiru Kulon Progo,  anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja dan untuk biaya parkiran motor sebesar Rp.2.000 dan untuk mobil Rp 5.000.

Fasilitas Wisata Alam di Kalibiru

Ada berbagai fasilitas untuk mendukung liburan seru anda disini, salah satunya yaitu area parkir yang luas, fasilitas mck, kios makanan, pendopo, camping ground, homestay, hingga fasilitas outbond. Agar lebih maksimal dalam menikmati pemandangan dengan spot paling baik anda harus naik ke atas menara pandang di sebuah pohon. Setiap pengunjung yang mau berfoto di tempat ini ada biaya tambahan sebesar Rp.10.000.

Demikianlah ulasan singkat tentang keindahan wisata alam Kalibiru yang sangat menakjubkan. Semoga bisa menjadi referensi untuk anda, dan selamat berlibur.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *